Selasa, 07 Februari 2017 - 12:17:18 WIB
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KERJASAM PDM KOTA METRO DENGAN UM METRO PELATIHAN PUBLIKASI ILMIAH
Diposting oleh : Hadi Pranoto
Kategori: Pengabdian Masyarakat - Dibaca: 765 kali

Tim Pengabdi dari Um Metro ketua Pengabdi M.Demsi Dupri, M.M Anggota Tim yaitu Hadi Pranoto, M.Pd dan Dr. H. Sudirman AM, M.Hum yang telah mengadakan Pengabdian PELATIHAN PENULISAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH“PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH KOTA METRO” yang telah dilaksanakan pada Hari Sabtu - Minggu Tanggal 04-05 Februari bermitra kerjasama dengan PDM Dikdasmen Kota Metro. Yang telah di hadiri peserta sebanyak 34 Guru Muhamadiyah se-Kota Metro. Alhamdulillah berjalan dengan lancar antusias dan rasa ingin tahu guru yang tinggi dalam mengikuti pelatihan ditujukan dengan membuat janji Draft daftar tunggu untuk penerbitan tulisan artikel ilmiahnya di publikasikan pada Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitan LPPM UM Metro, dari rentang Tahun 2017 - 2021, dengan 2 kali terbit setiap Tahunya yaitu pada Bulan Juni dan Desember.

Pada Saat Pelatihan tersebut Pengabdi memberikan 4 Materi Pada Hari Pertama Sabtu 04 Februari 2017 dengan Narasumber dan isi materi sebagai berikut:

1. Dr. H. Handoko Santoso, M.Pd. dengan judul Materi "Kebijakan Kemendikbud tentang Karya Ilmiah sebagai Persyaratan Kenaikan Pangkat"

2. Dr. H. Agus Sujarwanta, M.Pd dengan judul Materi "Strategi Menulis untuk Publikasi Ilmiah"

3. Dr. H. Sudirman AM, M.Hum dengan judul Materi "Sistematika Penulisan Artikel Pada Jurnal Lentera Pendidikan Puslit LPPM UM Metro"

4. Hadi Pranoto, M.Pd. dengan judul Materi "Tata cara daftar artikel online di OJS (Open Journal System) dan Petunjuk Penulisan Artikel Pada Jurnal Lentera Pendidikan  Puslit LPPM UM Metro  dan  Penyampaian Tugas untuk Hari Kedua: Menyiapkan Judul Artikel, Draft Artikel dan Dokumen Laporan PTK"

Pada Hari Kedua Minggu, 05 Februari 2017 Dilaksanakan Pembimbingan Klinik Artikel/ Pengajuan Judul Artikel Ilmiah yang dibagi dalam 4 Kelompok.
Harapan di akhir Pengabdian Pelatihan ini Para Guru di Sekolah Muhammadiyah menjadi lebih trampil dan ada kemauan untuk menuangkan praktik di sekolahan yang di tuangkan dalam tulisan ilmiah terpublikasi dalam jurnal ilmiah ber-ISSN dan OJS (Open Journal System) dan tulisan ilmiah yang dirbitkan dalam jurnal dapat dimanfaatkan dalam mengurus kenaikan pangkat Guru.
 
dapat dilihat juga di Liputan6.com



0 Komentar :